Berapa Yaa ?

All About Question

Senin, 19 Desember 2016

Bila jarak Bumi - Matahari jadi 1 meter, Bintang terdekat masih 270 Km lagi ! WAU besarnya alam semesta ini

image:bibliotika.com


Bintang kecil di langit yang tinggi.
Amat banyak menghias angkasa..

Di atas adalah dua bait lagu anak-anak yang terkenal, yang menurut penalaran anak kecil Bintang adalah benda langit kecil yang terlihat berkelip-kelip di setiap malam.  Anak-anak tidak pernah bisa memahami bahwa Matahari merupakan sebuah bintang juga, hanya karna jaraknya yang sangat dekat dengan bumi.

Para astronom atau ilmuan fisika sudah berhasil membuat estimasi jarak bumi dengan bulan, matahari, planet-planet, dan benda-benda langit lainnya.  Angka yang disepakati dalam astronomi jarak Bumi - Matahari adalah 150 juta kilometer. Wau sangat jauh bukan ?  Namun ternyata jarak tersebut sangatlah dekat bila dibandingkan dengan jarak bintang-bintang yang jumlahnya trilyunan yang terlihat bertebaran bagi pasir di langit malam itu.


Proxima Centauri  adalah nama sebuah bintang tetangga yang paling dekat Matahari, jaraknya adalah sekitar 3.970.000.000.000.000 km atau 270 ribu kali lebih jauh dari jarak bumi ke matahari. Kalau masih juga sulit membayangkan maka andaikan saja jarak Bumi ke Matahari menjadi 1 meter, maka jarak Bintang Proxima Centauri masih 270 km lagi !

Sangat takjub bukan membayangkan jarak yang sangat sulit untuk dinalar itu ? itu baru jarak bintang terdekat, belum lagi jarak antar galaksi dan antar gugus galaksi.  Maka segala angka-angka yang biasa kita pakai sehari-hari menjadi tidak efektif untuk dipakai, itulah mengapa para ilmuan memakai satuan Tahun Cahaya (tc) untuk menuliskan jarak bintang agar lebih ringkas.

Seperti diketahui kecepatan rambat cahaya adalah 300.000 km per detik, tentu kita tidak menyadari akan hal ini karna saking cepatnya, bila ada pesawat yang berkecepatan cahaya maka akan mampu mengelilingi bumi 7,5 kali dalam 1 detik saja !

Dari matahari ke bumi cahaya menempuh waktu 8 menit, dan dari Bintang Proxima Centauri yang merupakan bintang yang paling dekat dengan kita butuh waktu 4 tahun 3 bulan atau 4,3 tc (tahun cahaya)

Selain Bintang Proxima Centauri masih ada miliaran bintang lagi yang bersama-sama dengan matahari tergabung dalam Galaksi Bima Sakti ( orang barat menyebutnya Galaksi Milky Way). Diameter  Bima Sakti diperkirakan 120.000 tahun cahaya dan memiliki jumlah bintang sekitar 200 milyar.

Nah jauh di luar sana ada milyaran bahkan triliunan galaksi, dan yang paling dekat adalah galaksi Andromeda yang berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi Andromeda oleh para ilmuan diperkirakan lebih besar daripada Bima Sakti dan dihuni lebih dari 1 triliun bintang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar