Berapa Yaa ?

All About Question

Selasa, 22 Desember 2020

Berapa Kali Manusia Berkedip dalam Sehari? Begini cara menghitungnya!

 


Pernahkah pertanyaan tersebut terlintas di benak kamu? dan sudahkah kamu mengetahui jawabannya? Mungkin kalian malah ada yang mencoba menghitungnya sendiri, hehe.  Tentang hal tersebut berapa kali rata-rata manusia mengedipkan mata per menit, per jam, bahkan per hari sudah banyak yang membahasnya. Seperti tangkapan layar di beranda Google di bawah ini.


Benarkah hitungan-hitungan dalam artikel-artikel yang sudah membahas hal tersebut? Yuk kita cari jawabannya sendiri dengan menghitung bersama-sama dengan lebih cermat lagi..

Coba kamu siapkan 5 lembar kertas HVS putih dan satu bolpoin yang masih berfungsi, pastikan bolpoinnya tidak macet ya.

Setelah itu kamu puter video di Youtube atau membuka berita atau artikel di internet, pastikan itu adalah video atau konten kesukaanmu agar kamu lupa kalau sedang melakukan eksperimen menghitung kedipan matamu sendiri. Kalau tidak sambil melakukan hal demikian maka otak kamu akan sadar dan malah mengendalikan kedipan matamu.

Oke, lets go! Mari eksperimen kita mulai!

Sambil menonton atau membaca setiap kali berkedip ketukkanlah bolpoinmu di atas kertas HVS putih yang sudah disiapkan tadi. Jangan dihitung dan tidak usah kamu batasi berapa menit kami menonton. Kamu cukup mencatat waktu awal eksperimen dimulai.

Setelah kamu rampung membaca atau menonton video eksperimen pertama dianggap selesai. Usahakan kamu menonton video yang tidak terlalu panjang durasinya, ya kira-kira yang 3 menitan lah, kalau kamu memilih membaca artikel atau berita ya baca saja satu judul.

Setelah itu kamu ulangi lagi eksperimen tersebut, masih ada sisa 4 lembar kertas HVS lagi kan?

Nah, setelah selesai baru lah kamu hitung berapa titik-titik di kertas HVS hasil ketukan dari bolpoinmu tadi. Setelah itu kamu bagi jumlah titik-titik tersebut kedalam durasi lama kamu menonton video atau membaca artikel. Misalnya dalam 3 menit 5 detik kamu menonton video ternyata berkedip 50 kali, itu artinya rata-rata permenit kamu berkedip 15-18 kali.

Eits, tapi itu belum jadi kesimpulan ya, coba cek 4 kertas lembaran HVS yang lain, bila ternyata kamu mendapat hitungan yang hampir sama dan selisihnya tidak banyak, maka boleh dibilang eksperiman kamu berhasil. Tapi kalau kamu ingin penelitian yang lebih akurat lagi maka cobalah eksperimen yang sama selama 5 kali lagi di hari yang berbeda.

Sekarang kembali pertanyaan sesuai judul!

Frekuensi kedipan kita pastilah tidak sama, kadang beberapa detik hanya berkedip satu kali, dan kadang dalam satu detik bisa sampai bekedip sebanyak tiga kali. Tapi hal tersebut tidak jadi soal karena kita akan menghitung angka rata-ratanya.  Misalnya rata-rata kita berkedip sebanyak 14 kali per menit, itu artinya kita berkedip 840 kali per jam, 13.440 kali dalam sehari semalam, dengan asumsi kita tidur 8 jam, dalam delapan jam tidur itu tentu mata manusia tidak berkedip dong..

Yuk bagikan artikel menarik ini ke teman-temanmu..

Semoga menghibur..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar