Berapa Yaa ?

All About Question

Minggu, 22 Januari 2017

Berapa Ya Jumlah Bulu Kucing ? Ternyata Begini Cara Menghitungnya !


Kucing adalah salah satu hewan berbulu yang disukai banyak orang.  Selain aman untuk dijadikan hewan peliharaan, tingkah dan mimik kucing yang menggemaskan rupanya menjadi alasan hewan ini termasuk sebagai golongan hewan yang paling dekat dengan manusia.

Dari dulu banyak yang bertanya-tanya berapa ya jumlah bulu seekor kucing ? apakah ratusan ribu, jutaan, atau malah mencapai milyaran !.  sampai-sampai ada peribahasa “ Bagaikan Menghitung Bulu Kucing “ yang diartikan sebagai sebuah pekerjaan yang sia-sia belaka karna tidak akan pernah selesai.  Ada juga anekdot yang menyebutkan bahwa barang siapa yang membunuh kucing dengan sengaja kelak diakhirat akan dihukum untuk menghitung bulu kucing yang dibunuhnya tersebut.

Benarkah bulu kucing tidak dapat dihitung ?
Secara teknis memang iya, tidak ada seorang pun yang akan sanggup untuk menghitung satu persatu bulu yang menempel di badan kucing sampai mengetahui berapa jumlah pastinya. Namun kalau untuk sekedar memperkirakan dengan jumlah yang hampir mendekati ternyata ada caranya lho..!

Beberapa pakar biologi dan anatomi tubuh hewan berhasil menghitungh bahwa jumlah bulu yang dimiliki kucing adalah 20.155 helai per cm². Dan memiliki 32 jaringan otot untuk mengendalikan telinganya (manusia hanya 6 jaringan otot) yang memungkinkan gerakan telinga kucing dapat berputar hingga 180°.

Nah dari data di atas sudah cukup untuk kita jadikan modal dasar dalam memperkirakan jumlah bulu yang ada pada seekor kucing dengan menjumlah seluruh luas badan kucing kemudian dikalikan jumlah per cm2 yang jumlahnya kurang lebih 20.155 helai tersebut.

Untuk gampangnya, daripada kita mengukur langsung badan kucing maka tidak ada salahnya kita pakai saja ukuran baju kucing dari para pembuat baju hewan berikut :


Kita coba pakai saja yang ukuran M (middle), 27 x 42 cm dan dikali 20.155, maka kita akan mendapati jumlah bulu kurang lebih 22.855.770 atau katakanlah 22 juta, itu baru bulu yang ada di badan saja lho, yang ada diperut, punggung dan leher.  Belum yang ada di kepala, keempat kaki dan di ekornya.  Bila kita asumsikan lebar tubuh yang tidak tertutupi pakain adalah sepertiganya, maka kita sudah dapat memperkirakan jumlah bulu yang ada pada seekor kucing tanggung kurang lebih adalah 35 juta helai bulu, wallahu a’lam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar