Berapa Yaa ?

All About Question

Senin, 17 Oktober 2016

Berapa Ya jumlah kaki Luwe (Luwing) ? Benarkah punya 1000 kaki ?


Para pembaca tentu tidak asing dengan hewan yang satu ini. Luwing atau biasa disebut Luwe di daerah Jawa.  Hewan yang juga punya julukan si kaki seribu ini punya nama latin millipede yang masuk dalam klasifikasi Diplopoda. (wikipedia)

Luwe yang mirip dengan kelabang ini termasuk hewan yang tidak bertulang belakang, yang termasuk dalam filum Arthropoda, kelas Myriapoda. Tubuh luwe berbuku-buku atau bersegmen, setiap satu ruas memiliki sepasang kaki.

Lalu apakah benar Luwe memiliki jumlah kaki sampai 1000 ? Luwe menyandang julukan si kaki seribu karna memang kakinya yang amat banyak seperti tidak terhitung bila dilihat sepintas, namun ternyata kaki Luwe tidak nyampe 1000 lho..,

Beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa jumlah kaki luwe berbeda-beda.  Seperti yang sudah disinggung di atas Luwe yang tubuhnya berbuku-buku itu terdapat sepasang kaki di tiap bukunya.  Luwe memiliki antara 200 sampai 350 pasang kaki, itu artinya seekor luwe punya 400 sampai 700 kaki di kanan dan kiri, ketika masih bayi (baru menetas) luwe hanya punya 3 pasang kaki atau 6 kaki yang nampak ada di bagian depan tubuhnya di dekat kepala.

Luwe Tidak Berbahaya
Berbeda dengan lipan / kelabang, Luwe tidak memiliki bisa.  Hanya saya tampilan rupanya yang seperti itu dengan banyak kaki membuat anak kecil rata-rata takut.  Hewan pemakan daging juga tumbuhan ini juga tidak se-ngeri seperti mitos yang banyak diceritakan para orang tua kepada anak-anaknya.

Diceritakan bahwa lilitan luwe pada jari sangat kuat, dan tidak akan bisa terlepas sampai si Luwe terkaget dengan suara Petir yang menggelegar.  Bila dipaksakan dicopot makan kaki-kaki Luwe yang banyak itu akan menancap di jari manusia  dan meninggalkan racun yang mematikan. 

Mungkin mitos itu sengaja dibuat agar anak-anak kecil tidak macam-macam dengan hewan yang lemah tersebut.


1 komentar:

  1. Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. xyz
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
    judi poker

    BalasHapus