Berapa Yaa ?

All About Question

Kamis, 24 Desember 2020

5 Hewan Ini Bisa Hidup Lebih Lama dari Manusia, Ada yang Sampai 2000 Tahun!

 


Hewan adalah makhluk hidup selain tumbuhan yang mendahului manusia menempati planet bumi ini. Tetapi rata-rata umur hewan-hewan yang ada di sekeliling kita tidak sampai 40 tahun. Seperti kucing atau anjing misalnya, hewan yang banyak dipelihara manusia ini hanya mampu bertahan hidup paling lama 20 tahun, dan itu sangat jarang sekali ditemui. Kambing dan sapi juga sama, umur maksimalnya sekitar 22 tahun. Hewan yang umur maksimalnya hampir mendekati manusia adalah Primata dan Gajah, yang mampu hidup sampai umur 70 tahunan.

Namun sebenarnya ada lho hewan-hewan yang umur hidupnya jauh melebihi manusia, hewan apa saja kah itu?

1.    Kura-Kura Raksasa Galapagos

Ditemukan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1535, Kura-Kura Galapagos oleh para ilmuwan diprediksi bisa hidup sampai 152 tahun. Karena umurnya cukup panjang tubuh kura-kura Galapagos bisa sampai 1,5 meter dan beratnya bisa mencapai 2,5 kwintal. Kura-kura raksasa ini terakhir kali dimiliki oleh Galapagos National Park, namun pada tanggal 26 Juni 2012 kura-kura yang hidup sendiri di Margasatwa ini mati di usia yang relatif muda yakni 100 tahun.


2.    Paus Bowhead

Banyak tinggal di Greenland dan Laut Kutub Utara, Hewan ini punya masa hidup sampai 200 tahun lebih. Dengan demikian  Paus Bowhead adalah hewan mamalia dengan umur terpanjang. Oh ya, mungkin masih banyak yang menganggap bahwa Paus adalah ikan karena hidupnya di laut, padahal sebenarnya Paus itu adalah mamalia karena berkembang biak dengan beranak dan bernafas dengan paru-paru.


Para Ilmuwan menyebut bila paus Bowhead bisa berumur sampai ratusan tahun dan tidak bisa mengalami sakit. Ancaman kepunahannya adalah diburu oleh manusia dan sesama hewan lainnya yakni oleh Paus Orca.


3.    Hiu Greenland

Universitas Copenhagen bersama Tim Ilmuan merilis ke publik hasil penerlitian mereka tentang hiu Greenland jantan yang berusia 400 tahun dan betina berusia 392 tahun di wilayah samudera Atlantic utara.   Hiu Greenland merupakan predator laut yang memburu ikan-ikan kecil sebagai makanan utamanya. Bahkan Hiu ini bisa menjadi kanibal dengan menyantap sesamanya.


4.   
Kerang Islandia

Saat melakukan penelitian ke Islandia 2006 lalu, para ilmuwan mengklaim bahwa telah menemukan spesies kerang dengan masa hidup terlama di dunia. Sebelum ditemukan dalam keadaan telah mati, kerang Arctica islandica ini diperkirakan mati pada umur 507 tahun!

Oleh para ilmuwan kerang ini diberi nama 'Ming'. Karena bila ditarik ke belakang kerang ini lahir pada masa Dinasti Ming China.  Untuk menghitung umur si kerang, ilmuwan memakai metode meneliti jumlah garis-garis atau guratan yang ada pada cangkangnya.



5.  Koral Hitam

Koral Hitam adalah spesies terumbu karang yang dikategorikan satwa terancam punah. Hewan ini bisa berumur sampai 2000 tahun lebih. Hewan berumur super panjang ini banyak terdapat di laut tropis dan beberapa wilayah laut New Zealend.  pada tahun 2009 lalu, ilmuwan merilis penemuan Koral Hitam jenis Leiopathes berusia 4.265 tahun saat sedang mengadakan penelitian laut dalam di kawasan Hawaii. Dalam penemuan tersebut, Koral Hitam Leiopathes dilaporkan tumbuh 4-35 mikro setiap tahunnya.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar