Berapa Yaa ?

All About Question

Selasa, 22 Desember 2020

Berapa Harga Emas di Puncak Monas Bila Dijual? Ternyata Laku Segini..

 

Kawan-kawan sudah pernah berkunjung ke Monumen Nasional atau Monas? Sudah dong tentunya, Tahun nggak teman-teman berapa tinggi Monas sebenarnya? Tingginya menurut catatan adalah 132 meter dari permukaan tanah sampai puncak emasnya, dengan ukuran lidah api perunggu berlapis emas sendiri adalah 14 meter dengan diamaternya adalah 6 meter.

Pada awal pembangunannya, lidah api yang terbuat dari perunggu yang melambangkan api semangat perjuangan bangsa Indonesia itu dilapisi dengan emas seberat 35 kilo gram, sedangkan perunggunya sendiri seberat 14,5 Ton. Wau berat sekali ya..kira-kira setara dengan berat 2 Bus tanpa penumpang.

Pada tahun 1995 bertepatan dengan HUT Republik Indonesia yang ke-50, emas yang melapisi puncak monas digenapkan menjadi 50 kilogram dari sebelumnya 35 kilogram. Sebenarnya ada berberapa sumber lain yang menyebut berat emas pada awal pembangunanya adalah 38 kilogram.


Nah, dari berat 50 kilogram emas murni tersebut kalau dijual kira-kira berapa ya harganya? Bila dihargai per hari ini saat artikel ini ditulis yakni tanggal 22 Desember 2020, harga emas murni adalah sebagai berikut:


Jadi 50 kilogram = 50.000 gram x Rp 970.000,-  dengan begitu nilai emas yang ada di puncak Monas bila dijual hari ini adalah senilai 48,5 MILYAR RUPIAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar